Rabu, 21 Desember 2011

Refleksi kelompok 5, 6, & 7


Refleksi Presentasi Kelompok 5
Tanah
            Pada diskusi yang dilakukan pada tanggal 14 Desember 2011, kelompok 5 yang beranggotakan yaitu Neni, Susan, Ilham, dan Ayun secara umum menjelaskan tentang tanah yang meliputi struktur tanah, bobot isi tanah, perbedaan warna tanah pada setiap tingkatan, PH tanah, dan Profil tanah.
Diskusi pada saat itu dibuka dengan penjelasin dari pemateri 1 yaitu Neni yang secara umum menjelaskan tentang tanah secara umum, selanjutnya dijelaskan oleh pemateri 2 yaitu Susan yang menjelaskan tentang struktur tanah, bobot tanah, dan warna tanah. Dan dilanjutkan dengan pemateri 3 dan 4 yaitu Ayun dan Ilham  yang manjelaskan tentang PH tanah, dan Profil tanah.
            Presentasi dari kelompok 5 secara keseluruhan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens. Tampilan power point sudah bagus yang disertai gambar-gambar yang relevan dengan materi yang dibahas.
            Setelah presentasi selasai, kelompok 5 membuka sesi pertanyaan yang berjumlah 2 pertanyaan saja yaitu oleh:
1.      Dimas Widya A
Pertanyaan :” Apa kandungan tanah pada horizon O,A,E,B,C dan R dan mengapa pada setiap lapisan berbeda?”
Pemateri : “setiap lapisan tanah memiliki kandungan unsur yang berbeda-beda,  Pada lapisan atas banyak mengandung humus, artinya unsur-unsur organik banyak terdapat pada lapisan atas. Semakin kedalam suatu lapisan tanah, maka kandung unsur-unsurnya juga berbeda pula. Dan batas vegetasi untuk tumbuh dan perembesan air  yaitu pada horizon B (untuk lebih menjelaskan atas sanggahan dari Hatta) karena dilihat dari kandungan pada horizon C yang terdiri dari sedimen batu-batuan, dan horizon R yang tidak mengandung mineral hanya bebatuan keras, jadi dilihat dari kandungannya pada horizon C dan R tidak dapat ditumbuhi oleh vegetasi.
Sanggahan : Hendy menambahkan tentang yang disampaikan oleh pemateri mengenai pertanyaan Hatta yaitu Hendy menambahkan: air dapat menembus tanah dipengaruhi oleh struktur tanahnya juga. Ada lapisan tanah yang kedap air yaitu pada horizon C dan R yang terdiri dari batu-batuan sehingga air tidak dapat menembus.
2.      Luberti Indri S
Pertanyaan : “Mengapa semakin ke bawah lapisan tanah semakin sedikit organismenya?”
Pemateri : karena unsure mineral tanah semakin sedikit untuk kelangsungan hidup organisme. Akar tumbuhan hanya bisa menembus terbatas pada horizon E.

Setelah pertanyaan dari audiens terjawab semua, kelompok 5 mempersilahkan kelompok 6 untuk mempersentasikan makalahnya yang bertemakan Populasi. 

 
Refleksi Presentasi Kelompok 6
Populasi

            Presentasi ini merupakan kelanjutan dari kelompok 5 pada tempat yang sama, dalam bahasan populasi ini akan dijelaskan oleh Siti, Fitri, dan Berlian. Dalam tahap pembukaan Siti menjelaskan konsep species taksonomi dan ekologis, dan Fitri menjelaskan tentang pertumbuhan eksponsional dst.
Pada presentasi kelompok  6, saya kurang memahami tentang apa yang disampaikan oeh pemateri mengenai populasi itu sendiri, pada penjelasan Siti terlalu menekanankan pada penertiannya saja hal ini mngakibatkan audiens merasa sedikit bosan. Penjelasan grafik oleh fitri sudah sesuai. Yaitu grafik eksponensial yang membentuk huruf J dan grafik sigmoid yang membentuk grafik S. Tetapi dalam penampilan PPT bagus tetapi lebih diersingkat lagi. Pada saat penjelasan oleh Risa dan Berlian saya kurang dapat memperhatikan penjelasan yang sedang disampaikan di depan.
Pada sesi tanya jawab kelompok 6, Dista Ariyani memberikan pertanyaan mengenai grafik yang dijelaskan oleh Fitri, yaitu “Factor apa yang menyebabkan terjadinya grafik membentuk huruf J dan huruf S?”
Menurut Fitri: pada grafik eksponensial dipengaruhi oleh kelahiran tumbuhan yang terus meningkat sampai adanya factor pembatas yang menyebabkan kematian tumbuhan. Sehingga grafik membentuk huruf J yang artinya pertumbuhan terus meningkat. Sedangkan pada grafik sigmoid: pertama terjadi pertumbuhan tumbuhan yang lambat yang dipengaruhi oleh lingkungan yaitu persaingan individu. Kedua jika kondisi lingkngan mendukung maka terjadi petumbuhan lagi dengan natalitas tertentu sampai pada bertemu lagi kondisi lingungan yang tidak mendukung dan terjadi kematian (mortalitas) tumbuhan. Pertumbuhan yang naik turun ini menyebabkan terjadi grafik yang membentuh huruf S.
Harapan untuk kelompok selanjutnya : Pemater lebih mengontrol audiens agar lebih bisa memperhatikan penjelasan yang disampaikan, dan mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan dengan sempurna.
Kelompok yang akan berdiskusi pada minggu depan tepatnya tanggal 19 Desember 2011 yaitu dari kelompok 7 dan 8  yang membahas tentang komunitas. Prediksi saya kelompok yang akan presentasi akan menamilkan sesuatu yang berbeda dari kelomok sebelumnya.

 
Refleksi Kelompok 7
Komunitas

            Presentasi ini dilakukan pada tanggal 19 Desember 2011 dengan beranggotakan Lysa, Atia, Dimas, dan Dian. Dilihat dari materi dan tampilan PPT bisa dimengerti dan dipahami, tetapi pada tampialan slide pada sub bab mengenai predasi vidio yang akan dipresentasikan tidak dapat di tampilkan karena adanya suatu kesalahan teknis.
Pada sesi tanya jawab kelompok 7 mendapatkan beberapa tanggapan dari teman-teman diantaranya oleh Marta Noor Laila yang menanyakan tentang “Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yang sangat erat dan ada yang kurang erat?”.  Menurut kelompok 7 pada hubungan yang erat yaitu suatu organisme tersebut saling membutuhkan, contohnya pada organisme harimau memangsa kijang, harimau membutuhkan kijang tersebut untuk kelangsungan hidupnya. Sedang pada hubungan yang tidak erat adalah suatu hubungan organisme yang merugikan pada organisme tersebut. Contohnya pada pohon yang di tumpangi oleh benalu, benalu tersebut dapat mematikan atau menghambat pada pertumbuhan pohon tersebut.
Menurut saya hubungan yang erat itu merupakan hubungan dalam proses rantai makanan dimana pada sistem ini suatu organisme memiliki rangkaian untuk terus menyambung hidupnya dan dalam suatu organisme dengan organisme yang lainnya saling membutuhkan. Sedangkan pada hubungan yang tidak erat yaitu suatu hubungan dimana suatu organisme hanya menyebabkan organisme yang lain mengalami kerugian. 
Kemudian pada pertanyaan Nani, yang menanyakan tentang   formasi, asosiasi ,ekoton  pada jawaban yang dijelaskan kelompok 7 terlalu berbelit  belit  tentang ketiga hal tersebut , pada intinya formasi itu adalah  penempatan pada lingkungannya, sedangkan asosiasi dan ekoton merupakan sebuah tantangan yang dapat menghambat kelangsungan hidupnya yang menyebabkan sebuah peralihan.
Seharusnya dalam saat itu kelompok 8 dapat mempresentasikan makalahnya tetapi karena keterbatasan waktu, kelompok 8 akn mempresentasikan minggu depan. Prediksi saya untuk kelompok 8 yang akan presentasi siap dengan materi maupun PPT yang akan ditampilkan karena waktu presentasi yang mundur dari jadwal sebelumnya.
Terima kasih....   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar