Minggu, 11 Desember 2011

Refleksi Jurnal Belajar Kelompok 3 dan 4

     Kelompok 3 yang beranggotakan Eka, Veni, dan Prieska pada hari Senin tgl. 5 Desember 2011 membahas tentang pengaruh cahay dan suhu terhadap pertumbuhan tanaman. Secara keseluruhan materi dapat tersampaikan dengan baik, dan respon audiens secara keseluruhan juga baik. Audiens juga dapat mengerti isi materi yang dipresentasikan. Jadi pelaksanaan diskusi pada hari itu berjalan dengan baik dan lanjar.
       Kesimpulan yang saya dapat dari diskusi kelompok 3 yaitu :

1.      Cahaya merupakan sumber utama bagi semua ekosistem.
2.      Peran dari cahaya dalam proses pertumbuhan tanaman yaitu:
·   Fotoperiodism merupakan respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran. Berdasarkan panjang hari tumbuhan dibedakan menjadi Tumbuhan hari pendek (ex: jagung), Tumbuhan berhari panjang (ex: selada), Tumbuhan hari sedang (ex: tebu), dan Tumbuhan hari netral (ex: mentimun. padi).
·     Fotoenergenic biasanya terjadi pada tumbuhan berklorofil.
·     Fotomorfogenesis
Empat penerima cahaya dalam tumbuhan yaitu fitokrom paling kuat menyerap cahaya merah dan merah jauh maupun biru, kriptokrom sekelompok pigmen yang serupa mampu menyerap cahaya biru dan panjang gelombang ultraviolet 320-400 nm, Penerima cahaya UV-B, Protoklorofilida a pigmen cahaya yang menyerap cahaya merah dan biru  dan bisa tereduksi menjadi klorofil Aa.
·   Fototropisme terdapat dua macam yaitu Fototropisme positif dimana ujung batang tumbuhan membelok ke arah datangnya cahaya sedangkan Fototropisme negatif dimana ujung akar menjauh dari datangnya cahaya.
3.  Suhu merupakan faktor lingkungan yang dapat berperan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisme hidup.
4.   Pertumbuhan tumbuhan bergantung pada beberapa faktor yaitu : Suhu minimum, Thermoperiodisme, Vernalisasi dan kerusakan tanaman terhadap suhu ekstrim.
Kelompok 4 yang beranggotakan Ika, Chantika, Enggar, dan Anik menjelaskan tentang pengaruh atmosfer bagi pertumbuhan tanaman. Dari jalannya diskusi pada minggu kemarin pemateri kurang menguasai materi sehingga audiens secara keseluruhan belum memahami apa yang disampaikan.
Dalam diskusi kelompok 4 audiens menanyakan tentang proses terjadinya hujan dan mengapa pada musim kemarau uap air diawan tidak turun menjadi hujan. Salah satu dari pemateri menjawab karena pengaruh adanya angina muson barat dan angina muson timur.

Refleksi bagi Kelompok 5 dan Kelompok 6 : Lebih menarik dalam kelangsungan diskusi dengan cara menguasai materi dan mengkondisikan audiens agar tetap memperhatikan presentasi dari kelompok 5 dan kelompok 6 .
^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar